RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 1 Cikidang
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka
dan Panca Indera Manusia
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara struktur organ
tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
Nilai-nilai
Karakter Bangsa : Disiplin, rasa hormat dan
perhatian, tekun, tanggung jawab, dan ketelitian
Indikator :
o Mendeskripsikan
rangka manusia seperti:
1. rangka kepala
2. rangka badan
3. rangka anggota gerak
4. sendi
o Mendeskripsikan
fungsi rangka manusia :
o Memahami
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o Menjelaskan
hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
I.
Tujuan Pembelajaran :
o
Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia
seperti:
1. rangka
kepala
2. rangka
badan
3. rangka
anggota gerak
4. sendi
o
Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka
manusia :
o
Siswa dapat memahami hubungan antara struktur
kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o
Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka
tubuh manusia dengan fungsinya.
II. Materi Ajar
Rangka dan Panca
Indera Manusia
o Mengenal
Rangka Manusia
o Bagian
rangka
o Fungsi
rangka
Fungsi Rangka Manusia dan
Pemeliharaannya
o
memberikan bentuk pada tubuh,
o
melindungi bagian-bagian tubuh yang lunak,
o
menjaga tubuh agar tetap tegak, dan
o
tempat menempelnya otot.
A. Bagian-bagian Rangka
Secara garis besar, rangka
manusia terbagi menjadi 3 bagian, antara lain tulang rangka kepala
(tengkorak),
tulang rangka badan, dan tulang rangka anggota gerak. Agar kamu memahaminya, pelajarilah
uraian berikut dengan saksama.
1) Tulang-tulang rangka
kepala
Tulang rangka kepala (tengkorak) berfungsi untuk melindungi organ
penting yang ada di bagian kepala, antara lain otak. Apabila kepala terbentur
maka otak akan terlindung dari kerusakan karena ada tulang tengkorak.
2) Tulang-tulang rangka
badan
Susunan tulang yang disebut dengan bagian rangka badan pada rangka
manusia ialah mulai dari leher sampai dengan panggul. Tulang rangka badan
terdiri atas:
a) Tulang leher
Perhatikan Gambar 1.3. Gambar tersebut menunjukkan ruas-ruas
tulang leher. Tulang leher berfungsi untuk menopang kepala. Dengan adanya
tulang leher, kepala dapat berdiri tegak. Di samping itu, susunan tulang leher
memiliki bentuk sedemikian rupa sehingga kepala dapat mengangguk, menoleh ke
samping, dan dapat diputar. Di samping itu, tulang leher pun berfungsi untuk
melindungi tenggorokan, kerongkongan dan pita suara. Tenggorokan merupakan
saluran untuk bernapas, kerongkongan merupakan saluran untuk makanan, sedangkan
pita suara merupakan alat penghasil suara.
b) Tulang dada dan tulang rusuk
Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi untuk melindungi
organ-organ yang ada di bagian dada, seperti jantung dan paru-paru. Tentu kamu sudah
tahu bahwa jantung berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun paru-paru
berfungsi untuk bernapas. Dengan adanya tulang rusuk dan tulang dada, organ-organ
penting manusia dapat terlindungi. Perhatikan Gambar 1.4. Menurutmu, di manakah
letak organ-organ penting yang dilindungi tulang dada dan tulang rusuk?
c) Tulang punggung
Tulang punggung berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang.
Sumsum tulang belakang banyak mengandung sel-sel saraf. Sel-sel tersebut terhubung
langsung ke otak dan seluruh tubuh. Selain itu, tulang punggung berfungsi
sebagai penopang anggota tubuh bagian atas. Perhatikan Gambar 1.5.
d) Tulang panggul
Tulang panggul berfungsi sebagai penyambung antara tubuh
bagian atas dan tubuh bagian bawah. Coba amati Gambar 1.6.
3) Tulang rangka anggota
gerak
Tulang rangka anggota gerak terdiri atas lengan (tangan) dan
tungkai (kaki). Sebagian besar pekerjaan dan kegiatan dilakukan oleh lengan dan
tungkai. Tulang lengan terdiri atas tulang pangkal lengan, tulang pengumpil,
tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulang
jari-jari tangan. Tulang tungkai terdiri atas tulang paha, tulang tempurung
lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang-tulang
telapak kaki, dan tulang jari-jari kaki.
B.
Fungsi Tulang Rangka Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuk, tulang rangka dibagi dalam tiga bentuk
utama, yaitu tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih. Setiap tulang
tersebut memiliki fungsi
yang berbeda-beda.
1) Tulang
pipa
Perhatikan
lengan dan kakimu, kemudian peganglah. Apakah kamu merasakan ada tulang
yang cukup panjang di lengan dan kakimu? Itulah tulang pipa.
Tulang pipa adalah tulang yang memiliki bentuk seperti pipa. Mengapa
disebut tulang pipa? Karena tulang ini memiliki bentuk utama seperti tabung
dan berongga. Coba amati Gambar 1.8 dan 1.9.
Rongga pada tulang pipa berisi sumsum kuning. Sumsum kuning ini banyak
mengandung lemak. Sumsum kuning dapat berfungsi sebagai cadangan makanan. Pada
ujung-ujung tulang pipa yang mengembung, di dalamnya terdapat rongga-rongga
kecil yang berisi sumsum merah. Sumsum merah ini berfungsi sebagai pembentuk sel-sel
darah.
2) Tulang
pendek
Mengapa disebut tulang pendek? Tulang ini memiliki ukuran tulang yang
pendek. Di dalamnya hanya terdapat rongga-rongga kecil berisi sumsum merah. Tulang-tulang
yang termasuk tulang pendek antara lain tulang belakang, tulang pergelangan tangan,
dan tulang pergelangan kaki.
3) Tulang pipih
Tulang
ini berbentuk pipih. Sama halnya dengan tulang pendek, tulang pipih berfungsi
sebagai tempat pembentukan sel-sel darah. Hal ini disebabkan dalam tulang pipih
terdapat ronggarongga kecil yang berisi sumsum merah. Tulang yang termasuk ke
dalam tulang pipih, antara lain tulang rusuk, tulang dada, dan tulang tengkorak
kepala. Dapatkah kamu menyebutkan tulang lain yang termasuk ke dalam tulang
pipih
III. Metode dan Model Pembelajaran
1. Metode : ceramah, demosrtrasi,
diskusi, tanya jawab,
2. Model
Pembelajaran : STAD (Student Teams
Achievement Division)
IV. Kegiatan Pembelajaran
pertemuan 1
|
|
1. Kegiatan Awal
Dalam kegiatan awal, kegiatan yang dilaksanakan :
·
Memberikan
ucapan salam dan mengkonfirmasi kehadiran siswa
· Mengkondisikan
siswa pada suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan
· Guru
memperlihatkan macam-macam bentuk bangun datar dan bertanya jawab tentang
nama-nama bentuk bangun datar tersebut sebagai appersepsi
·
Menyampaikan
Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 mnt)
|
2. Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, kegiatan yang dilaksanakan :
·
Siswa
membentuk kelompok heterogen dengan banyak anggota ± 5 orang
·
Siswa
menyimak penjelasan dan peragaan (demonstrasi) guru tentang bagian-bagian
rangka manusia
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, kegiatan yang dilaksanakan :
· Guru memberi tugas kepada tiap kelompok
untuk mempelajari bagian-bagian rangka manusia.
· Dalam kerja kelompok diutamakan kerjasama
dan diharapkan anggota kelompok yang sudah memahami materi pelajaran dapat
membantu rekannya yang belum memahami materi.
· Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan
(kuis) kepada seluruh siswa tentang materi pelajaran yang telah dipelajari
dalam kelompok. Pertanyaan sifatnya individual.
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, kegiatan yang dilaksanakan :
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
· Menguji keterampilan, kemampuan, dan
pemahaman siswa dengan soal-soal latihan (postes)
|
(50 mnt)
|
|
|
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, kegiatan yang dilaksanakan:
· Guru
bersama-sama dengan murid mengadakan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran serta pemberian tugas (Pekerjaan Rumah/PR)
|
(5 menit)
|
pertemuan 2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar