CONTOH SOAL IPA KELAS V
TES FORMATIF 1
Kompetensi
Dasar : 5.1 Mendskripsikan hubungan antara gaya,
gerak, dan energi (gaya gravitasi, gaya gesek, dan gaya
magnet)
Nama :
………………………………………..
A.
Pilihlah salah satu jawaban soal
berikut dengan tepat!
1. Obeng yang ditempeli dengan magnet merupakan contoh cara pembuatan magnet secara ….
A.
konduksi B. induksi C. gosokan D. elektromagnet
2. Alat berikut yang menggunakan magnet
berbentuk jarum adalah ….
A. kompas B.
pengunci kotak pensil C.
pengeras suara D. dinamo
3. Buah kelapa
akan bergerak ke ….
A. bawah
karena gaya
gesek
B. bawah karena gaya gravitasi
C. atas
karena gaya
gravitasi
D. depan
karena gaya
gravitasi
4. Anak-anak dengan mudah meluncur di papan
luncur (skate board) karena gaya
… papan luncur sangat kecil.
A. gravitasi B. magnet C. gesek D. dorongan
5. Menggeser lemari paling mudah dilakukan di
lantai ….
A. semen B.
keramik C. tanah D. kayu
6. Agar tidak mudah tergelincir di lapangan,
para pemain sepak bola memakai sepatu ….
A. berwarna hitam C. terbuat dari kulit
B. dilengkapi pul D. terbuat dari karet
7. Gaya
dilakukan dengan dua cara, yaitu ….
A. gesekan dan dorongan C. gesekan dan tolakan
B. tarikan dan dorongan D. tarikan dan gesekan
8. Pernyataan yang tidak benar tentang sifat magnet adalah ….
A. kutub senama
tolak-menolak
B. magnet dapat menarik benda yang terbuat dari elemen besi/baja
C. kutub magnet selalu mengarah ke arah timur dan barat
D. magnet tidak dapat menarik benda-benda yang terbuat dari bahan aluminium dan tembaga
9. Benda berikut yang dapat ditarik magnet
adalah ….
A. gelas B.
kancing C. paku D. kapur
10. Gaya yang
menahan tubuh makhluk hidup tetap berada di permukaan bumi adalah gaya ….
A. listrik B. magnet C.
gesek D. gravitasi
B. Lengkapilah soal berikut dengan jawaban yang
tepat!
1. Magnet yang terjadi karena dialiri arus
listrik disebut …………………………………………….
2. Air tejun dapat terjadi karena adanya gaya ………………………………………………………..
3. Magnet memiliki …………………………………………………………………………….
kutub
4. Alur-alur pada permukaan ban mobil berguna
untuk memperbesar gaya
…………………………
5. Roda yang dipasang di kaki meja televisi
berfungsi …………… ……………gaya
gesekan antara kaki meja dan lantai
6. Ujung obeng dapat menarik sekrup karena
memiliki gaya
………………………………………...
7. Berdasarkan sifat kemagnetan terhadap
tarikan dan tolakan magnet, besi termasuk …
8. Magnet dibedakan menjadi magnet batang,
jarum, dan lain-lain berdasarkan ………………
9. Makin jauh dari bumi, maka pengaruh gaya gravitasi makin
……………………………………...
10. Kerja kompas memanfaatkan gaya ……………………………………………………………... bumi
C. Jawalah soal berikut dengan singkat dan
tepat!
1. Mengapa
dengan parasut, orang tidak cepat meluncur ke bumi?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………..
2. Kapankah
sebuah gaya
muncul?
Jawab : …………………………………………………………………………………………….
3. Apakah
peranan roda sepeda ditinjau dari ilmu Fisika?
Jawab : …………………………………………………………………………………………….
4. Apakah
yang disebut dengan medan
magnet?
Jawab : ……………………………………………………………………………………………..
5. Suatu
saat karena sauatu sebab gaya
gravitasi bumi bertambah besar/kuat. Sebutkan dua akibatnya!
Jawab : ……………………………………………………………………………………………..
TES FORMATIF 2
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendskripsikan
sifat-sifat cahaya
Nama : ……………………………………………..
A. Pilihlah salah satu jawaban yang
paling tepat!
1. Kacamata
berlensa positif digunakan untuk membantu penderita ….
A. rabun dekat B.
rabun ayam C. rabun jauh D. mata tua
2. Penggunaan cermin cembung dalam kehidupan
sehari-hari misalnya pemasangan ….
A. bagian dalam lampu senter C. genting kaca untuk
menerangi rumah
B. kaca spion di sepeda motor D. kaca cermin untuk berhias
3. Alat optik yang digunakan untuk memutar film
adalah ….
A. OHP B.
proyektor C. periskop D. kamera
4. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya
jatuh di permukaan ….
A. tidak rata B. kasar C.
rata D. gelap
5. Berikut ini merupakan benda bening, kecuali
….
A. kaca B.
tripleks C. lensa cembung D. plastik bening
6. Benda berikut yang merupakan sumber cahaya
adalah ….
A. batubara B. baterai C.
awan D. matahari
7. Seorang siswa melakukan percobaan sebagai
berikut. Tiga karton yang berlubang di bagian tengahnya diletakkan dalam posisi
segaris. Sebatang lilin diletakkan di depan salah satu celah karton, kemudian
ia melihat cahaya lilin dari celah karton yang lain. Siswa tersebut ingin
membuktikan salah satu sifat cahaya, yaitu ….
A. cahaya menembus benda bening C. cahaya merambat menurut garis lurus
B. cahaya dapat dibiaskan D. cahaya dapat
dipantulkan
8. Pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang
berisi air, akan kelihatan seperti patah. Peristiwa tersebut menunjukkan
bahwa cahaya ….
A. dapat dipantulkan C.
menembus benda bening
B. dapat dibiaskan D. merambat melalui garis lurus
9. alat optik seperti teropong, berfungsi untuk
….
A. mengamati objek berukuran kecil C. mengamati objek di kejauhan
B. mengamati objek dari kapal selam D. mengamati objek berukuran sangat
kecil
10. Berikut ini yang merupakan peristiwa pemantulan
cahaya adalah ….
A. dasar kolam tampak lebih dangkal daripada sebenarnya
B. objek yang diamati dengan lup tampak
lebih besar
C. terbentuknya bayangan ketika tubuh kita
terkena sinar matahari
D. kita dapat melihat wajah kita di cermin
B. Lengkapilah soal berikut dengan jawaban yang
tepat!
1. Cahaya yang mengenai cermin akan
…………………………………………………….
2. Cahaya dapat dibiaskan apabila melalui dua
medium yang ……………………………..
3. Penderita rabun jauh dapat ditolong dengan memakai
kacamata berlensa ………………
4. Spion yang dipasang di mobil merupakan cermin
……………………………………….
5. Lup menggunakan lensa
………………………………………………………………….
6. Warna putih cahaya matahari sebenarnya
merupakan perpaduan berbagai warna cahaya yang disebut
………………………………………………………………………………
7. Pemantulan difus dapat terjadi apabila cahaya
jatuh di ………………………………….
8. Alat optik yang berfungsi untuk mengamati
objek yang sangat kecil adalah ………………………………
9. Apabila suatu benda tidak dapat meneruskan
cahaya, maka benda tersebut dinamakan ……………………
10. Lensa cembung merupakan kaca yang bagian
tengahnya………………………………… daripada bagian tepinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar